Meningkatkan Pengalaman Kewirausahaan: FTIK Gelar Market Day Selama Empat Hari

humas ftik Avatar
Meningkatkan Pengalaman Kewirausahaan: FTIK Gelar Market Day Selama Empat Hari

Salah satu tujuan utama dari market day bagi mahasiswa adalah memberikan pengalaman praktis dalam dunia kewirausahaan. Melalui partisipasi dalam market day, mahasiswa dapat belajar tentang proses menjalankan bisnis, termasuk manajemen stok, promosi, penjualan, dan manajemen keuangan.
Sejalan dengan hal tersebut Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan menggelar acara Market Day selama empat hari yang dimulai sejak tanggal 12 s.d 15 Mei 2024.

Kegiatan Market Day dibuka langsung oleh Rektor UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dengan selebrasi moment pemotongan pita. Dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Erawadi, M.Ag., Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Para Dosen, Tenaga Kependidikan dan seluruh mahasiswa yang tergabung dalam 10 Prodi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

“Market day memberikan kesempatan bagi Ananda sekalian untuk mengembangkan keterampilan berdagang seperti negosiasi, komunikasi, dan pemasaran. Kalian dapat belajar bagaimana berinteraksi dengan pelanggan, mempromosikan produk, dan menjual barang dengan efektif. Dengan demikian, market day bukan hanya sekadar acara belanja atau jual-beli, tetapi juga merupakan sarana pembelajaran yang berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan, kreativitas, dan kesadaran membangun jaringan di antara sesama mahasiswa dan pedagang yang lainnya”, pungkas Rektor.

Dr. Lelya Hilda, M.Si., dalam sambutannya juga sepakat dengan apa yang telah disampaikan oleh Rektor, terlebih dari itu Market Day merupakan tindak lanjut dari Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih program atau kegiatan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan mereka. Sehingga, dengan keterampilan yang dimuat dalam aktivitas market day diharapkan mampu meningkatkan berbagai kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Dengan demikian, market day tidak hanya menjadi acara tradisional untuk berbelanja atau berjualan, tetapi juga menjadi solusi yang relevan dan efektif bagi perkembangan zaman dengan mempromosikan kewirausahaan, konektivitas, keberlanjutan, inklusi, dan inovasi.

Cari

Arsip Informasi