Peluang dan Tantangan Dalam Mewujudkan Akses Lembaga PAUD yang Merata dan Berkualitas.

humas ftik Avatar
Peluang dan Tantangan Dalam Mewujudkan Akses Lembaga PAUD yang Merata dan Berkualitas.

Tantangan dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas contohnya: guru / pendidik bersyarat kualifikasi S1 masih sedikit, masih ada desa-desa yang belum ada PAUD, padahal anjuran pemerintah satu desa minimal satu PAUD. Partisipasi PAUD menurut provinsi, tertinggi DI Yogyakarta 99,5%, dan terendah Papua 34,7 %. Dan masih ada ketimpangan akses PAUD antar wilayah. Ada tiga profinsi yang memiliki prosentase dibawah 50%: Profinsi Papua, Provinsi Kalimantan Barat, dan Profinsi Maluku Utara.

Kebijakan pendidikan Anak Usia Dini

Arah kebijakan

  1. Meningkatkan akses PAUD

Strategi : – pengembangan PAUD berbasis komunitas dengan pembiayaan dari berbagai sumber, termasuk dana desa, untuk menjangkau anak miskin, anak kurang beruntung, atau anak berkebutuhan khusus.

– pemberian jaminan lembaga (alat peraga-dan segala instrument) PAUD menyediakan layanan bagi seluruh anak usia 3-6 tahun sesuai tahap perkembangan anak

  1.  Meningkatkan kualitas layanan PAUD

Strategi : – penjaminan bahwa standar nasional PAUD digunakan dalam menyusun kurikulum PAUD

– adanya penguatan forum pengembangan profesi pendidik PAUD dan kelompok kerja guru untuk meningkatkan kompetensi guru

-penguatan fungsi pengawas lembaga PAUD dan pemberian dukungan untuk peningkatan kompetensinya

– pengembangan dan penerapan system jaminan kualitas PAUD yang efektif, termasuk pengembangan karir pendidik.

 

Cari

Arsip Informasi