Program Studi Teknologi Informasi Langsungkan Benchmarking Kurikulum dengan Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Informatika Universitas Telkom Bandung

humas ftik Avatar
Program Studi Teknologi Informasi Langsungkan Benchmarking Kurikulum dengan Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Informatika Universitas Telkom Bandung

Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan melangsungkan kunjungan ke Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Informatika Universitas Telkom Bandung untuk Benchmarking Kurikulum serta Penandatanganan Mou dan MoA. Kunjungan ini berlangsung pada tanggal 19 Juni 2024 bertempat di Universitas Telkom Bandung.

Adapun Delegasi dari Tim Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan terdiri dari; Dr. Lelya Hilda, M.Si (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Dr. Lis Yulianti Safrida Siregar, S.PSi., M.A., (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan), A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd dan Irdes Hidayana Siregar, M.Pd (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan)

Benchmarking kurikulum merujuk pada proses membandingkan kurikulum yang digunakan oleh suatu lembaga pendidikan dengan kurikulum dari lembaga pendidikan lain yang dianggap sebagai standar atau acuan baik. Tujuan utamanya adalah untuk mengevaluasi keunggulan, kelemahan, dan kesesuaian dari kurikulum yang sedang digunakan dengan tujuan akhir pendidikan yang diinginkan.

Dalam hal ini, FTIK terus berbenah dalam pelaksanaan pendidikan dengan melaksanakan kerja sama dan Benchmarking kurikulum dengan Program Studi yang diyakini memiliki keunggulan dan patut untuk dijadikan sumber rujukan dalam persiapan dan pelaksanaan, terkait kurikulum, Mata kuliah, dan keunikan/ciri khas dari Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Informatika Universitas Telkom Bandung.

Proses Benchmarking kurikulum ini melibatkan beberapa langkah: Identifikasi Standar atau Kurikulum Rujukan, Pengumpulan Data, Analisis Perbandingan, Identifikasi Keunggulan dan Kelemahan, Perumusan Rekomendasi, Implementasi Perbaikan dan Evaluasi Lanjutan.

Tentunya selain Benchmarking kurikulum, beberapa bentuk kerja sama antar program studi tersebut direncanakan dengan Proyek Kolaboratif, Penelitian Lintas Disiplin, Pengembangan Kurikulum Bersama, Seminar dan Workshop Bersama, Pertukaran Mahasiswa dan Dosen, Kerjasama dengan Industri, Pelatihan dan Pengembangan Staf.

Cari

Arsip Informasi