Tingkatkan Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran AUD, Prodi PIAUD Gelar Seminar Nasional

humas ftik Avatar
Tingkatkan Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran AUD, Prodi PIAUD Gelar Seminar Nasional

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sukses menggelar Seminar Nasional. Kali ini menghadirkan Narasumber yang tidak kalah kompeten dari sebelumnya, adalah Ibu Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd., merupakan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta.

Seminar Nasional yang berlangsung pada tanggal 29 Mei 2024 dan bertempat di Aula FTIK Lt.2 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Bapak Dr. Erawadi, M.Ag, dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Lelya Hilda, M.Si, dan turut hadir para Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jajaran dosen, peserta umum dan mahasiswa dari berbagai Universitas.

Seminar Nasional ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kali ini tema yang diangkat adalah “Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran AUD”.

Ibu Rahmadani Tanjung, M.Pd, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam sambutannya melaporkan bahwa Seminar Nasional ini dilaksanakan secara Luring dan Daring dengan jumlah 70 peserta mengikuti seminar secara luring di Aula FTIK Lt.2 dan sebanyak 52 peserta online yang terdiri dari peserta umum dari beberapa Universitas. Kegiatan ini juga memiliki output yakni prosiding yang bertemakan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini.

Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd, dalam pemaparannya telah menyampaikan bahwa Pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran untuk anak usia dini (AUD) bisa menjadi sarana yang sangat bermanfaat. Meskipun masih dalam tahap awal belajar, anak-anak pada usia ini sangat mampu menyerap informasi dengan cepat, termasuk dalam hal teknologi digital.

Beberapa pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran untuk anak usia dini adalah aplikasi pembelajaran interaktif, E-book Interaktif, Permainan Edukatif, Video Pembelajaran.

Penggunaan literasi digital dalam pembelajaran anak usia dini haruslah diimbangi dengan pengawasan dan arahan yang tepat dari guru atau orang tua. Selain itu, konten yang disajikan haruslah sesuai dengan perkembangan anak usia dini dan tidak mengandung materi yang tidak sesuai. Dengan memanfaatkan literasi digital secara bijak, pembelajaran anak usia dini dapat menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif.

Sesi akhir diisi dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat oleh Ibu Rahmadani Tanjung, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini secara simbolis melalui zoom kepada Narasumber Ibu Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd.

Cari

Arsip Informasi