Menciptakan Pembelajaran Fisika yang Merdeka Bagi Siswa, Prodi Tadris Fisika Gelar Seminar Nasional

humas ftik Avatar
Menciptakan Pembelajaran Fisika yang Merdeka Bagi Siswa, Prodi Tadris Fisika Gelar Seminar Nasional

Program Studi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan sukses menggelar Seminar Nasional. Kali ini menghadirkan Narasumber yang tidak kalah kompeten dari sebelumnya, adalah Ibu Prof. Dr. Festiyed, M.S., merupakan Guru Besar dari Universitas Negeri Padang.

Seminar Nasional yang berlangsung pada tanggal 22 Mei 2024 dan bertempat di Aula FTIK Lt.2 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Bapak Dr. Erawadi, M.Ag, dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Lelya Hilda, M.Si, dan turut hadir Ketua Program Studi Tadris Fisika Bapak Syafrilianto, M.Pd, para Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jajaran dosen, peserta umum dan mahasiswa dari berbagai Universitas.

Seminar Nasional ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Program Studi Tadris Fisika. Kali ini tema yang diangkat adalah “Menciptakan Pembelajaran Fisika yang Merdeka Bagi Siswa Melalui Integrasi Sains dan Al-Quran Berbasis Teoantropoekosentris”.

Bapak Syafrilianto, M.Pd, selaku Ketua Program Studi Tadris Fisika dalam sambutannya melaporkan bahwa Seminar Nasional ini dilaksanakan secara Luring dan Daring dengan jumlah peserta 50 mahasiswa. Sebanyak 50 peserta mengikuti seminar secara luring di Aula FTIK Lt.2.

Prof. Dr. Festiyed, M.S, dalam pemaparannya telah menyampaikan bahwa Pendekatan yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan fisika dengan ajaran Alquran dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam dan holistik tentang alam semesta. Ini bisa menjadi pendekatan yang menarik dan bermakna, karena menghubungkan antara pengetahuan saintifik dengan nilai-nilai spiritual.

Pembelajaran fisika yang merdeka melalui integrasi sains dan Alquran bukan hanya tentang memahami konsep-konsep fisika secara mendalam, tetapi juga tentang mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang hubungan antara ilmu pengetahuan dan spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari.

Sesi akhir diisi dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat oleh Bapak Syafrilianto, M.Pd selaku Ketua Program Studi Tadris Fisika secara simbolis melalui zoom kepada Narasumber Ibu Prof. Dr. Festiyed, M.S dan Moderator Bapak Himsar Siregar, M.Pd.

Cari

Arsip Informasi