Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Gelar PBAK 2022 : “Jadilah Generasi Islami yang Toleran dan Berakhlakul Karimah”

Jumat, (19/08/2022) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN SYAHADA Padangsidimpuan melangsungkan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Sebanyak 885 orang Mahasiswa mengikuti kegiatan PBA yang bertemakan “Membangun Generasi Islami yang Toleran dan Berakhlakul Karimah”, harapannya seluruh mahasiswa dapat berjuang untuk menjadi insan yang bertanggung jawab dan berprestasi. Agenda PBAK berlangsung selama tiga (3) hari, sejak tanggal 19 s/d 23/08/2022 di Gedung FTIK Aula lt. 2 dimulai pada pukul 08.00 WIB. Agenda kegiatan dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, KaBag, KaSuBag, KaProdi dan Unsur Pimpinan di Lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Agenda PBAK dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Lelya Hilda, M.Si Pada kesempatan kali ini di hadapan Mahasiswa baru mengucapkan selamat datang kepada Angkatan Pertama UIN SYAHADA Padangsidimpuan.

“ Kami mengucapkan selamat datang untuk seluruh Ananda sekalian, kalian merupakan orang-orang beruntung yang pada saat ini berkesempatan untuk bisa melanjutkan Strata Pendidikan di Level ini. Perlu Ananda ketahui bahwa tidak semua pemuda bisa mendapatkan kesempatan ini. Maka, syukurilah dengan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin,” jelas Beliau.

Mahasiswa FTIK diharapkan menjadi generasi yang toleran dan berakhlakul karimah dalam keadaan apapun. Dengan semangat dan tekad yang kuat dapat menjadi pribadi yang Tangguh layaknya Suri Tauladan yakni Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya cerdas dalam bidang akademik, namun mahasiswa FTIK harus menjadi individu yang terbuka, berintegritas, Excellent, ceria dan berbudi pekerti.

“Adik-adik sekalian, jika ingin memperluas pengetahuan dan menggali potensi maka di sinilah tempatnya. Pesan saya untuk adik sekalian ketika memiliki kebenaran jangan pernah malu dan takut untuk menunjukkannya. Karena, mahasiswa itu perlu keyakinandan keteguhan,”  Jelas Ketua Senat Mahasiswa, Abdul Harahap.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menawarkan berbagai kegiatan untuk pengembangan potensi di luar bidang akademik dan ini menjadi wadah bagi mahasiswa menjadi individu yang terampil dan kreatif. Sehingga, menjadi generasi dan alumni yang berdaya saing di kemudian hari.

Pada kesempatan berikutnya Bapak Nasrul Halim Hasibuan, M.A.P selaku KaBag menyampaikan kepada Mahasiswa baru mengenai struktur organisasi di FTIK, mulai dari mengenalkan profil Unsur Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dilanjutkan dengan pengenalan budaya akademik yang disampaikan Wakil Dekan bidang Akademik oleh Ibu Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi. M.A. Beliau menguraikan secara garis besar beberapa kegiatan akademik yang akan ditempuh oleh mahasiswa. Seperti rincian Sistem Kredit Semester (SKS), mata kuliah dan Pembimbing Akademik.

Selanjutnya, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama oleh Bapak Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M. Ag, menguraikan mengenai Kode Etik Mahasiswa. Beliau menjelaskan aturan-aturan yang harus ditaati oleh seluruh mahasiswa dan kegiatan yang menunjang kegiatan akademik.
“Harapannya seluruh Ananda sekalian ketika menjadi alumni dari Fakultas ini memiliki bekal kemampuan dan keterampilan sesuai bidang akademik maupun di luar  bidang akademik. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan memiliki program unggulan dan ini menjadii pembeda pdari Fakultas lainnya. Adalah Student Day, di mana Ananda diwajibkan untuk mengikuti program ini pada semester 4 dan 5. Banyak bidang yang akan ditawarkan. Bertujuan untuk memberikan kemampuan tambahan kepada anak-anak kami sekalian di luar kemampuan akademik. Ada sebanyak 40 kegiatan yang ditawarkan dan bebas dipilih oleh mahasiswa bersangkutan. Selain Student Day, ada program unggulan lainnya yaitu program FTIK Mengajar merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang nantinya Ananda sekalian akan mencoba menyalurkan ilmu nya di berbagai daerah,” Jelas Beliau

Seluruh Mahasiswa Baru yang telah bergabung menjadi bagian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dituntut untuk menjadi generasi gigih yang selalu memegang teguh nilai-nilai agama sehingga menjadi Insan Generasi Islami yang Toleran dan Berakhlakul Karimah. Semoga segala kebaikan selalu menyertai dan semakin meraih keberkahan. (Tim Humas FTIK)