Saat ini hampir di semua perguruan tinggi terdapat berbagai jurnal sebagai tempat atau wahana publikasi yang bisa menjadi alternatif bagi para dosen, guru dan para praktisi pendidikan untuk menjadikan jurnal-jurnal tersebut sebagai wadah untuk menyebarluaskan informasi dan melakukan publikasi artikel- artikelnya. Sehingga, FTIK merasa perlu untuk melaksanakan kegiatan Coaching Clinic Percepatan dan Peningkatan Akreditasi Jurnal.
Kegiatan Coaching Clinic Percepatan Dan Peningkatan Akreditasi Jurnal tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 s.d 7 Juli 2024 bertempat di Di Bukit Tinggi. Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh pengelola Jurnal FTIK yang terdiri dari Diyah Hoiriyah, M.Pd. (Pengelola Jurnal LOGARITMA: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains), Sri Rahmadhani Siregar, M.Pd. (Pengelola English Education : English Journal for Teaching and Learning), Dr. Muhammad Royhan Daulay, M.Pd. (Pengelola FORUM PEDAGOGIK), Yunaldi, M.Pd. (Pengelola THARIQAH ILMIAH: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Bahasa Arab), Lili Nur Indah Sari, M.Pd. (Pengelola DARUL ‘ILMI: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan keislaman), Dr. Hamka, M.Hum (Pengelola Jurnal Hata Poda (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd. (Pengelola Bioedunis Journal (Jurnal Pendidikan Biologi), Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd. (Pengelola LAVOISIER: Chemistry Education Journal), Himsar, M.Pd. (Pengelola Gravity Journal (Jurnal Pendidikan Fisika), Desi Lisa Rosanna, M.Pd. (Pengelola Educationist Journal).
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan Pengelolaan Jurnal FTIK yang baik dan profesional yang pada akhirnya membangun mutu/kualitas jurnal semakin meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber yang kompeten di bidang Manajemen Jurnal, yakni Bapak Firdaus Annas, S.Pd., M.Kom merupakan Journal Manager pada Jurnal Educative (SINTA- 3) – UIN Bukittinggi, Verifikator SINTA DIKTI UIN Bukittinggi 2016 – Sekarang dan seorang Asesor Manajemen Jurnal SINTA DIKTI.
Kegiatan coaching diisi dengan kegiatan yang tentunya Melatih para pengelola jurnal (editor), Memberikan penjelasan akan pentingnya sistem pengelolaan jurnal secara online dan Meningkatkan akreditasi SINTA dari peringkat yang saat (SINTA 5) ini menuju peringkat akreditasi di atasnya sehingga sampai pada peringkat SINTA 1 pada akreditasi jurnal bereputasi di tingkat nasional.