Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Prodi PAI Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis MBKM

humas ftik Avatar
Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Prodi PAI Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis MBKM

Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Prodi PAI Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis MBKM. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 04-05 Juni 2022 di Aula FTIK. Lt.2. Workshop yang menghadirkan narasumber yang kompeten dan luar biasa Prof. Dr. Candra Wijaya, M.Pd adalah Dosen dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Worksop ini bertujuan untuk menambah wawasan dan menyamakan persepsi dalam pengembangan kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kurikulum dan RPS Berbasis MBKM direncanakan akan diterapkan secepatnya di seluruh Prodi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) , yakni pada semester ganjil yang akan datang.

Dr. Lelya Hilda, M.Si., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelatihan kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi program studi adalah langkah krusial dalam mempersiapkan perguruan tinggi untuk mengimplementasikan konsep MBKM dengan efektif.

“Dengan mengadakan pelatihan ini secara komprehensif, perguruan tinggi dapat lebih siap dalam mengimplementasikan MBKM dalam program studi, khususnya Prodi PAI sehingga dapat memberikan pendidikan yang lebih relevan dan adaptif sesuai dengan tuntutan zaman,” Ungkapnya.

Prof. Dr. Candra Wijaya, M.Pd menjelaskan bahwa Penyusunan kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) membutuhkan pendekatan yang sistematis dan terencana agar sesuai dengan prinsip-prinsip MBKM yang fleksibel dan responsif. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam penyusunan kurikulum berbasis MBKM: Pemetaan Kebutuhan dan Tuntutan Pasar, Konsultasi dan Keterlibatan Stakeholder, Identifikasi dan Integrasi Pembelajaran di Luar Kelas, Pengembangan Jalur Studi Individu, Penyusunan Mata Kuliah dan Program Pengajaran, Penggunaan Metode Pembelajaran Inovatif, Evaluasi dan Revisi Berkelanjutan, Sosialisasi dan Edukasi Stakeholder.



Cari

Arsip Informasi